Ciri – ciri Kelinci Sehat | Uraniwa Rabbit

Ciri – ciri Kelinci Sehat

Uraniwarabbit, Ciri-ciri kelinci sehat. Pelihara kelinci itu menyenangkan tapi sayang banyak yang kurang “ngeh” kelinci nya dalam keadaan sehat atau tidak. Faktor ke tidak tahuan masih mendominasi kenapa masih banyak yang ga “ngeh” kelinci nya sehat atau tidak.

Sebelum membeli kelinci baik nya baca-baca dulu deh tip membeli kelinci agar bisa dapat kelinci yang sehat. “Nah ciri-ciri kelinci itu kaya gimana ?”


Ciri - ciri kelinci sehata
ciri - ciri kelinci sehat

Ciri – ciri kelinci sehat bisa dilihat secara fisik dan non fisik


Secara fisik bisa dilihat dari badan, mata, telinga, hidung, mulut, gigi, kaki, ekor dan anus. Sedangkan dilihat dari non fisik bisa dilihat dari tingkah laku, polamakan dan kotorannya

Ciri-ciri fisik :

Badan
Bentuk kelinci yang sehat tampak proposional, tidak terlalu gemuk tidak terlalu kurus juga. Bulu terlihat bersih

Mata
Mata kelinci yang sehat terlihat bersih dan jernih gitu. Di pinggiran-pingiran mata tidak berair dan apa lagi lenket.

Hidung dan Mulut
Bagian hidung dan mulut kelinci yang sehat itu dilihat dibagian skitar hidung dan mulut basah atau tidak, jika kering dan bersih itu tanda nya kelinci tersebut sehat, oya untuk memperhatikan ciri dibagian mulut dan hidung ini jangan sesudah kelinci makan atau minum ya bisa jadi basah karena terkena makanan ato minum nya.

Gigi
Seperti yang sudah kita ketahui, gigi kelinci hanya terlihat dua gigi depan memanjag, ya itu emang tidak salah tapi klo gigi kelinci yang sehat itu panjang nya terlihat wajar tidak terlalu panjang apalagi sampe keluar mulut atau menusuk ke bibir.

Kaki
kaki kelinci bagian depan terlihat tegap, dan lurus. Aga susah sih untuk melihat kaki kelinci terlihat tegap karena pada umum nya kakinya selalu ditekuk. Untuk kaki belakang terlihat proposional dan menhadap kedepan. Mungkin untuk melihat kondisi kaki yang 100% bagus itu jarang seengga nya kondisi kaki depan atau belakang tampak normal dan berfungsi sebagai mana mestinya itu sudah ok ko :)

Ekor
untuk ekor kelinci yang bagus itu lurus dan naik keatas. Sejajar dengan tulang punggung kelinci. Biasa nya kelinci dengan ekor yang bagus itu menandakan indukan yang bagus. Untuk ekor bukan patokan kesehatan yang utama buat kelinci. Jadi perhatikan juga faktor yang lain nya ya..

Anus
Selintas aga jorok sih ngomongin nya tapi mau gimana lagi :) . kelinci yang sehat anus nya tampak bersih dan kering. Biasa nya kelinci yang terkena kembung dan mencret anus nya basah dan penuh kotoran, lengket dan bau. Ciri ini cukup vital karena kalo telat penanganan nya berakibat kematian.

Ciri-ciriCiri-ciri non fisik

Ciri ciri kelinci dari non fisik, dilihat dari tingkah lakunya dan pola makan nya. Untuk kelinci yang sehat mempunyai pola makan yang cukup rampus. Selain dari polamakan, tingkah laku kelinci yang sehat cenderung aktif, jika di umbar kelinci jarang terlihat diam, suka meloncat.


Dengan mengetahui ciri-ciri umum kelinci sehat diharapkan bisa mengurangi tingkat kematian dalam memelihara kelinci.


Salam, Semoga bermanfaat

This entry was posted in , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply